Jumat, 17 Juni 2011

Wasiat Nabi saw untuk istri-istri Beliau


'Aisyah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, "Orang yang paling cepat menyusulku di antara kamu adalah orang yang paling panjang tangannya." (HR Bukhari,Muslim, Al Hakim, An Nasa'i Ahmad dan Al Khatib dalam Tarikh Baghdad)

'Aisyah berkata, "Lalu kami berlomba-lomba  mengukur mana yang paling panjang tangannya di antara kami." "Aisyah menambahkan lagi, "Ternyata yang paling panjang tangannya di antara kami adalah Zainab karena ia bekerja dengan tangannya sendiri dan bersedekah."
Saudariku Muslimah, nasihat Nabi saw. ini mengajarkan kepada kita nilai sedekah, dampak dan berkahnya. Nabi saw. telah mengajari kita bahwa salah satu sifat yang harus dijauhi Muslimah adalah kikir, perangai yang buruk, dan penakut. Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Nabi saw. bersabda, "Keburukan yang ada pada laki-laki adalah kikir dan penakut yang keterlaluan." (HR Abu Dawud, Ahmad, Ibn Hibban, dan Abu Nu'aim dalam Hulyatu Auliya)
Ketahuilah, wahai saudariku Muslimah, bahwa keadaan anda di dunia ini tidak akan menjadi baik, kecuali dengan dua hal, yaitu kikir dan angan-angan.
'Abdullah bin Amr berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Baiknya umat ini berawal karena zahud dan yakin, dan hancurnya umat ini karena kikir dan angan-angan."
Saudariku Muslimah, marilah perbaiki urusan anda agar anda meraih keridhaan Allah swt.

Referensi:


  • Ibrahim, Majdi Sayyid.2010. Menjadi Muslimah Bahagia Sepanjang Masa. Bandung: Mizania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar